Minggu, 12 Maret 2017

SURAT LAMARAN KERJA DIKETIK ATAU DITULIS TANGAN ???


Dalam melamar kerja bagi sebagian orang berfikir lebih baik menulis surat lamaran kerja dengan cara di tulis tangan dan banyak juga yang lebih memilih untuk diketik menggunakan laptop/komputer. Surat lamaran kerja menurut kami memiliki peran yang sangat penting karena surat lamaran kerja lah yang pertama kali dibaca oleh perusahaan tempat anda melamar kerja, untuk itu ada baiknya kita memahami sebaiknya surat lamaran itu ditulis tangan atau diketik.

Surat lamaran menurut pandangan HRD merupakan cerminan kepribadian anda, oleh sebab itu buatlah surat lamaran kerja sebaik mungkin mulai dari bahasa penulisan yang baik tidak bertele-tele serta penulisan yang rapi, intinya ialah buatlah kesan yang baik terhadap HRD. Anda pasti tidak akan menyukai jika surat lamaran kerja anda menjadi masalah kecil yang membuat anda tidak dipanggil untuk mengikuti proses rekrutmen sekalipun anda adalah tenaga kerja yang potensial.

Sebelum menulis surat lamaran kerja adapun aspek yang harus anda perhatikan terlebih dahulu. Berikut akan kami jelaskan beberapa hal yang menyangkut aspek penulisan surat lamaran kerja :
  • Menuliskan data pribadi yang lengkap misalnya nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomer hp atau telepon, email jika ada, dan status perkawinan (masih singgle atau sudah menikah).
  • Menuliskan pengalaman kerja. Sebaiknya tuliskan pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, maka Anda bisa menuliskan kemampuan yang Anda miliki yang sesuai dengan lowongan tersebut.
  • Menuliskan latar belakang pendidikan, misalnya pendidikan formal mulai dari SD sampai riwayat terkahir Anda tamat melakukan pendidikan. Untuk pendidikan non formal bisa diisi dengan pelatihan atau kursus yang pernah Anda ikuti.

Mengenai aspek penulisan anda dapat menerapkan pada surat lamaran anda baik itu diketik atau ditulis tangan. Dan untuk memilih antara surat lamaran kerja yang diketik atau ditulis tangan sebenarnya kami sangat menyarankan untuk di tulis tangan, karena seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa HRD akan mampu membaca karakter serta kepribadian anda jika anda menulis surat lamaran kerja dengan ditulis tangan, Dan diri kita akan lebih dihargai dari pada jika kita membuat surat lamaran dengan cara mengetik, karena bukan rahasia lagi soal jurus copy-paste-edit-edit-dikit-selesai yang hanya membutuhkan sedikit usaha saja.


Dan anda bisa menyesuaikan dimana tempat anda melamar  kerja, anda akan membuat surat lamaran itu di ketik atau ditulis tangan saja. Sebagai contoh jika kalian ingin melamar ke instansi pemerintahan, suatu badan atau kementerian,  Sebaiknya anda membuat surat lamaran itu ditulis tangan. Dan jika anda ingin melamar kesuatu perusahaan swasta anda bisa membuat surat lamaran dengan cara diketik menggunakan komputer menggunakan ukuran font standar 12 ft dan type font Time New Roman agar terkesan formal.

Demikian apa yang bisa kami jelaskan semoga sekarang ada bisa memutuskan dengan bijak, surat lamaran dengan cara apa yang akan anda buat untuk melamar kerja.

Baca juga tips wawancara kami disini


EmoticonEmoticon